SEDEKAH BUMI SRUNGGO, AWALI TRADISI RUTIN DI TAHUN 2024

  • Feb 12, 2024
  • Tuwiri Wetan

Kamis, 25 Januari 2024 lalu telah terlaksana kegiatan Sedekah Bumi yang berlokasi di pelataran Goa Srunggo, tak jauh dari makam Syekh Rifa’i (Gentaru). Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 07.00 WIB ini di hadiri oleh warga setempat yakni warga Dusun Kedungsari beserta tokoh Masyarakat dan juga Pemerintah Desa.

Sedekah bumi ini sendiri adalah salah satu kearifan lokal yang ada di Desa Tuwiri Wetan yang rutin di laksanakan oleh Pemerintah Desa Tuwiri Wetan beserta tokoh-tokoh masyarakat  dan di ikuti oleh seluruh warga Desa Tuwiri Wetan.

Tak hanya di Srunggo, kegiatan sedekah bumi ini juga dilaksanakan di beberapa tempat lain dan sudah terjadwal, “Kegiatan sedekah bumi kamis berikutnya dilaksanakan di Makam Migit, tepatnya di kompleks Masjid Dzikir. Kamis berikutnya lagi di laksanakan di Makam Pecilon, dan seterusnya bergantian sampai di Makam Pule”, tutur Sudarto selaku Tokoh Masyarakat atau Purna Kepala Dusun Kedungsari.

Sebagai penutup kegiatan sedekah bumi di Srunggo, malam harinya di adakan Pengajian Umum dengan mendatangkan penceramah dari Kabupaten Bojonegoro.